4DX Disiplin #1: Fokus Pada Wildly Important Goals

Hianoto

I believe that this nation should commit itself to achieving the goal, before this decade is out, of landing a man on the moon and returning him safely to the earth. No single space project in this period will be more impressive to mankind, or more important for the long-range exploration of space.

John F Kennedy, May 25, 1961

Pada pidatonya di depan Congress pada tgl 25 Mei 1961, Presiden John F Kennedy menegaskan suatu misi yang luar biasa penting, bahwa NASA haruslah mampu mendaratkan seorang manusia di bulan dan mengembalikannya ke bumi dalam keadaan selamat sebelum akhir dekade tersebut. Inilah yang disebut sebagai Wildly Important Goals dalam konsep 4DX – The 4 Disciplines of Execution.

Merumuskan Wildly Important Goals (selanjutnya saya sebut dengan WIG saja) merupakan langkah yang sangat penting. Bagaimana bisa mencapai sesuatu goal yang sangat penting, jika kita tidak tahu goal penting apa yang ingin dicapai? Secara sederhana, gunakan format “from X to Y by When” dalam merumuskan WIG, di mana:

  • X adalah kondisi sekarang
  • Y adalah hasil yang ingin dicapai
  • When adalah tenggat waktu kapan Y akan tercapai

Dengan format “from X to Y by When” ini, maka WIG akan memiliki pengukuran yang jelas sehingga kita mengerti benar bahwa WIG telah tercapai. Misalnya, kita menetapkan WIG sebagai berikut:

  • “Menurunkan berat badan dari 77 kg menjadi 70 kg pada tgl 31 Desember 2016”
  • “Menambah tabungan dari Rp 10.000.000 menjadi Rp 15.000.000 pada tgl 31 Desember 2016”
  • “Meningkatkan omzet penjualan bulanan dari Rp 100.000.000 menjadi Rp 120.000.000 pada periode Desember 2016”

Wuih, ternyata mudah ya membuat WIG!

Eiiit hati-hati.. Walau memang membuat WIG jadi lebih mudah dengan rumus “from X to Y by When”, namun kita perlu ingat bahwa manusia hanya mampu melakukan satu hal dalam satu waktu dengan excellence. Semakin sedikit goal yang dicanangkan, semakin tinggi kemungkinan mencapai goal tersebut dengan excellence. Franklin Covey menyarankan jumlah goal yang dikejar maksimal 3 saja, namun haruslah benar-benar penting (wildly important). Inilah yang dikenal sebagai The Law of Diminishing Return.

Nah, tantangannya sekarang adalah, bagaimana caranya membedakan goal yang penting dan yang benar-benar penting! Satu hal yang mudah dicermati adalah Wildly Important Goals membawa konsekuensi, yaitu bila WIG gagal dicapai, maka hal ini akan mengakibatkan semua pencapaian lainnya menjadi terabaikan.

Jika telah membuat beberapa WIG, sekaligus telah menguji apakah WIG tersebut benar-benar penting seperti penjelasan di atas, maka kini saatnya kita menentukan prioritas WIG mana yang akan dicapai. Ingat prinsip The Law of Diminishing Return, jadi kita harus pilih hanya 3 WIG terpenting yang akan membawa impact positif paling besar bagi kita.

Di artikel ini kita telah belajar membuat WIG:

  • Menggunakan format “From X to Y by When”
  • Melakukan pengujian WIG ini sekedar penting ataupun benar-benar penting
  • Memberikan penilaian prioritas untuk setiap WIG yang dibuat

Kini giliran Anda untuk mulai mempraktekkannya mulai sekarang. Ayo bagikan pengalaman Anda saat merumuskan WIG di komentar bagian bawah artikel ini.

About Hianoto

Hianoto

Saya seorang penggemar kuliner, pembaca buku, dan penyuka belajar. Sehari-harinya, saya berkutat di bidang Information Technology, baik sisi teknis maupun non-teknis, bersama team saya yang sungguh awesome.

Di web Hianoto.net ini, saya akan berbagi berbagai informasi kuliner, buku, pembelajaran, dan tentunya tentang IT juga .

Enjoy yourself, as much as I do when developing this website.

3 thoughts on “4DX Disiplin #1: Fokus Pada Wildly Important Goals”

  1. Lag and lead measures…menyadarkan saya betapa berbedanya cara cara yang selama ini dalam pikiran saya…thank u so much…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top