BCA Pemuda Semarang
Pengamatan Kunjungan ke BCA Pemuda Semarang
November 11, 2016
4DX Disiplin #1: Fokus Pada Wildly Important Goals
4DX Disiplin #1: Fokus Pada Wildly Important Goals
November 12, 2016
Show all

Belajar 4 Disciplines of Execution (4DX)

Belajar 4DX - The 4 Disciplines of Execution
Plans are only good intentions unless they immediately degenerate into hard work

Peter Drucker


Anda pergi ke kantor dengan tekad untuk melakukan suatu pekerjaan penting dengan tenggat waktu minggu depan. Sesampai di kantor, suasana begitu sibuk dan hiruk pikuk. Ada sedemikian banyak email yang harus dibalas, telpon berdering dari berbagai client dan rekan kerja lain, beberapa rapat penting yang harus dihadiri. Dan akhirnya di sore hari, Anda duduk di kursi, merasa sangat lelah telah bekerja keras seharian penuh, dan Anda baru teringat belum melakukan pekerjaan penting yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Sounds familiar?

Saya pun sangat sering mengalami hal ini. Ujung-ujungnya, kita merasa terpuruk, tidak mendapat pencapaian prestasi yang berarti, jauh berbeda dengan apa yang telah kita rencanakan jauh-jauh hari sebelumnya; padahal sudah bekerja begitu keras membanting tulang.

Mari kita simak video berikut ini:

Inilah permasalahan terbesar dalam proses melaksanakan planning kita, yaitu pekerjaan kita sehari-hari! Ya, untuk melakukan pekerjaan rutin kita membutuhkan begitu banyak energi dan waktu yang tersita, sehingga ironisnya kita sulit melakukan hal baru walau telah direncanakan dan diprioritaskan sebelumnya.

Goal yang telah kita rencanakan untuk bergerak maju sangatlah penting, namun saat berbenturan dengan hal yang mendesak dan penting, tentu saja hal mendesak lah yang akan didahulukan setiap waktu, bukan?

Buku 4DX - 4 Disciplines of Execution

Beruntung saya mendapatkan informasi buku keren yang ditulis oleh Chris McChesney, Sean Covey, dan Jim Huling berjudul The 4 Disciplines of Execution, atau biasa disebut sebagai 4DX.

Buku ini mengungkapkan betapa whirlwind, pusaran angin yang sebenarnya adalah hal-hal yang mendesak, membuat kita luar biasa terganggu konsentrasinya untuk menyelesaikan hal-hal yang sifatnya lebih penting. Begitu banyak perencanaan hebat yang kita lakukan, awalnya terlaksana baik, namun pada akhirnya layu dan sirna karena semua orang yang terlibat harus menangani hal-hal lain yang kelihatannya lebih penting dan mendesak.

Benar sekali sih, kalau kita mengabaikan hal-hal yang mendesak, tentu kita akan mengalami banyak masalah sekarang. Namun jika sebaliknya kita mengabaikan yang penting, maka kita akan menjumpai masalah di kemudian hari.

Jika kita hanya mengurusi whirlwind saja, maka kita tidak akan maju sejengkal pun, walau sebesar apapun energi yang kita curahkan di sana. Kita harus fokus melaksanakan tugas untuk mencapai goal yang paling penting di tengah dahsyatnya pusaran angin!

Secara sederhana, konsep 4DX ini didasarkan pada prinsip focus, leverage, engagement, dan accountability, terlihat dari 4 prinsip berikut:

  1. Focus on the Wildly Important
  2. Act on the Lead Measures
  3. Keep a Compelling Scorecard
  4. Create a Cadence of Accountability

Mari kita pelajari lebih mendetil pada artikel-artikel berikut ya.

Comments

comments

Hianoto
Hianoto
Seorang pembelajar alami yang begitu mencintai dunia IT dan memutuskan untuk memperlengkapinya juga dengan kemampuan Leadership, Management, Coaching, dan Communication. Perkenankan dia memperkaya khasanah pemikiran Anda dengan berbagai artikel dan ulasan menarik di web Hianoto.net.